Sabtu, 14 Januari 2023

Dari Rahim Pulau Kecil Berbatuan Lahirkan Prajurit Berpangkat Bintang


KALABAHI - Kehadiran Jenderal bintang satu, Brigjen TNI Yosafath M.R. Duka, S.I.P yang kini menjabat sebagai Irlog Itjen TNI bersama sang istri dan anak-anaknya di Kampung Malal dan Kampung Reta, Desa Pura Selatan, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor, Jumat (13/01/2023) membuka kembali kenangan lima puluh tahun lalu masa kecil dulu Brigjen Yosafath.


Brigjen Yosafath Duka bersama keluarganya datang ke Kampung Reta dan Kampung Malal guna bersilaturahmi dan ziarah ke makam saudaranya dan leluhur tempat asal sang Ibu yang melahirkannya.



Sejumlah tuturan adatiah pun disampaikan oleh Tokoh adat saat menerima kehadiran Brigjen Yosafath sebagai salah satu putra terbaik Alor yang kini mulai bersinar namun tidak melupakan jejak tapak kaki kedua orang tuanya.


"Kami sebagai opa, oma, orang tua, kakak, adik, cucu, dan cece yang ada di kampung Malal dan Kampung Reta sangat bangga bisa melihat bintang di pundak putra Alor. Kami doakan semoga umur panjang, karier, rejeki terus menyertai dalam tugas serta pengabdian kepada bangsa dan negara", ucap Tokoh adat Kampung Malal Marianus Hinakai.



Tambahnya, yang ada di Kampung Malal dan Kampung Reta memang hanyalah bebatuan besar, akan tetapi bisa melahirkan keturunan yang luar biasa harumkan nama baik Kampung, daerah, serta berguna bagi bangsa ini.


"Sekali lagu kami sangat bangga, senang, dan bersyukur karena Tuhan sangat baik terhadap tanah leluhur ini", tutup Marianus.


Brigjen Yosafath dalam menyampaikan suara hatinya mengungkapkan bahwa, kehadirannya ditengah-tengah keluarga sebagai tanda ucapan syukur kepada Tuhan karena telah diberikan berkat satu pangkat baru yakni Brigadir Jenderal (Brigjen) dan jabatan baru sebagai Irlog Itjen TNI.



"Saya dan keluarga datang ke Kampung asal saya di Kampung Pitumbang, Seydon, Fanating, Reta, dan Malal", ungkap Yosafath.


Kelima Kampung kecil ini banyak ceritanya semasa kecil saya dan beberapa saudara kandung saya. Ada kampung  kecil berbatu seperti kata orang tua dalam tuturan tadi, benar telah lahirkan orang-orang luar biasa dan berguna.



Kata-kata yang dituturkan oleh orang tua tadi sebagai inspirasi, motivasi, dan nasehat/wejangan bagi anak-anak kita generasi muda sekarang, agar tidak patah semangat, tidak merasa malu dan minder karena hidup di kampung kecil berbatuan ini.



"Saya titipkan pesan kepada anak-anak saya yang masih duduk di bangku sekolah agar rajin belajar, hidup disiplin, dengar nasehat orang tua serta para Guru sehingga tidak tertinggal dan suatu saat nanti bisa lebih dari kami saat ini dalam hal apa saja, asalkan yang positif dan berguna bagi dirinya  keluarga, daerah, serta bangsa dan negara", tutup Brigjen Yosafath.



Turut hadir dalam kegiatan tersebut Perwira Seksi Intelijen Kodim 1622/Alor Letda Inf Umbu Neka, Camat Pulau Pura, Kepala Desa Pura Selatan, Tokoh agama, Tokoh adat, Tokoh masyarakat, serta semua kekuarga serta sanak saudara dan kerabat dari Brigjen TNI Yosafath M.R. Duka, S.I.P.  (*)


Penulis: Jeftan Bunda.

Related Posts

There is no other posts in this category.