Jumat, 21 Juli 2023

DANDIM 1622/ALOR BERIKAN MATERI WASBANG KEPADA SISWA BARU SMAN 2 KALABAHI


NTT, ALOR - Hadir ditengah-tengah siswa-siswi baru, Dandim Letkol Inf Amir Syarifudin, S.H mengajak untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sampai saat ini masih di berikan kesempatan menikmati hidup dan hadir dalam rangka mengikuti kegiatan orientasi sekolah, di SMA Negeri 2 Kalabahi, Kelurahan Welai Timur, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Kamis (20/07/2023).


Tujuan kehadiran Dandim untuk memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 150 orang siswa-siswi baru SMA Negeri 2 Kalabahi guna memicu dan memberikan motivasi agar para siswa/i memahami nilai-nilai kebangsaan yang berlandaskan Pancasila.


Dijelaskan Letkol Amir, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki pulau-pulau besar yakni, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Irian, serta Jawa. Didalamnya ada gugusan pulau-pulau kecil lainnya mulai dari Sabang sampai Merauke, dan dari Miangas sampai Rote Ndao.

Para pejuang yang hidup sebelum kemerdekaan sampai tahun 1945, sebagau generasi yang ada pada masa itu, mereka berpikir bagaimana caranya untuk merdeka dari penjajahan.


Dandim menyinggung soal potensi Negara Kesatuan Republik Indonesia termasuk salah satunya bonus demografi karena berkaitan dengan penduduk. Kenapa dibilang bonus demografi, karena pada saat tahun 2045 nanti, generasi muda sudah mencapai usia matang sehingga Indonesia di tahun 2045 di bawah kepemimpinan adik-adik.


Ditambahkannya, perkembangan teknologi, pergaulan bebas dan lainnya yang terjadi dewasa ini di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini cukup memprihatinkan.

"Disadari atau tidak, hal tersebut telah menjadi sebuah ancaman serius bagi kelangsungan hidup adik-adik sebagai generasi penerus bangsa. Maka perlu diberikan pembekalan wasbang", tegasnya.


Diakhir penyampaian materinya, Letkol Amir mengajak dan berpesan serta mengingatkan kepada para siswa/i menyiapkan diri untuk masa depan mereka.


"Saya mengajak adik-adik siapkan masa depan kalian sejak dini. Jangan pernah bergantung kepada orang lain, karena kalianlah yang bisa merubah dan siapkan masa depan kalian", tutup Dandim.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kalabahi Ester Maucang, S.Pd menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1622/Alor karena kepedulian dan kecintaan kepada generasi muda Alor lewat kesediaan untuk memberikan materi wawasan kebangsaan bagi para siswa-siswi baru SMA Negeri 2 Kalabahi.


"Kami berterima kasih buat pak Dandim bersama jajaran yang sangat peduli bagi masa depan anak-anak Alor", ucap Ester Maucang. (*)


Penulis: Serka Jef Beny Bunda.

Related Posts

There is no other posts in this category.