Rabu, 05 Juli 2023

GELORAKAN TERITORIAL, DANDIM ALOR LIVE MELALUI RRI STASIUN PRODUKSI ALOR


NTT, ALOR – Dialog interaktif ini secara live dipandu oleh Presenter  Venty Mau dengan Narasumber Dandim 1622/Alor Letkol Inf Amir Syarifudin, S.H, pagi menyapa masyarakat lewat Frekwensi 97.2 Fm dengan topik "Upaya Kodim 1622/Alor Bangun Wilayah Teritorial", di Kantor RRI Stasion Produksi Alor, Jl. Cendrawasih, No. 10, Padang Tekukur, Kel. Mutiara, Kec. Teluk Mutiara, Kab. Alor, Rabu (5/7/2023).

Saat on air, Dandim 1622/Alor menyampaikan sejumlah program unggulan merupakan miniatur pembinaan teritorial (Binter) unggulan TNI AD dan sejalan dengan tujuh perintah harian Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yakni harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi, serta melakukan tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD.


Kodim 1622/Alor selama ini melalui berbagai program yang telah dilaksanakan sebagai upaya guna membantu Pemerintah daerah dan masyarakat seperti merenofasi rumah masyarakat melalui program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Optimasi Lahan Pertanian, penanganan Stunting, TMMD, serta program lainnya.

Alam Alor sangat kaya dengan komoditinya sehingga masyarakat dimanjakan oleh kekayaan tersebut dan  merasa sudah cukup untuk kehidupan kesehariannya. Sebagai aparat kewilyahan dari Babinsa berusaha bisa mendorong masyarkat agar selalu semangat bekarja.


"Kami saat ini sedang menggalang dan mendorong agar masyarakat merubah cara/pola bertaninya menerapkan kopi menjadi bisnis sehingga menjadi potensi unggulan bagi daerah, dan meningkatkan pendapatan petani", ungkap Dandim.

Tentu upaya-upaya yang dilakukan Kodim tidak terlepas dari dinas terkait untuk lebih lagi berpikir bagaimana caranya menaikkan gradenya, sehingga kopi ini menjadi bisnis yang dapat menjanjikan dan mensejahterakan masyarakat.


Disinggung juga oleh Dandim terkait potensi pariwisata Alor yang sangat indah dan menarik. Namun perlu juga melibatkan pihak lain yang berkompeten/profesional dibidang itu sehingga bisa lebih baik lagi.


"Tugas kami mendorong dan membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pelaksanaan Binter yang meliputi Geografi, demografi, dan kondisi sosialnya", bebernya.

Tambahnya, dengan kondisi wilayah Kabupaten Alor yang umumnya pegunungan dan cukup sulit, dengan personel Kodim saat ini 54% memang sulit bagi Babinsa dalam melaksanakan tugasnya dimana dari 18 Kecamatan ini baru ada 4 Koramil dengan jumlah desa 175 desa/Kelurahan, belum termasuk desa pemekaran baru, sehingga setiap Babinsa harus membina sampai 4 desa/Lurah. 

Diakhir penyampaiannya, Dandim juga menyinggung soal Komponen Cadangan yang dibentuk Kementerian Pertahanan, Alor yang berbatasan laut dengan RDTL, termasuk Netralitas TNI dalam Pemilu.


"Kami mengajak kepada rekan-rekan wartawan Media elektornik, Media cetak, Media online, dan penggiat media sosial, untuk menjadi wadah positif dan berperan penting ikut andil mensosialisasikan, mempublikasikan kegiatan Binter TNI AD yang dilaksanakan oleh Kodim 1622/Alor", tutup Dandim. (*)


Penulis: Jef Beny Bunda.

Related Posts

There is no other posts in this category.