Selasa, 08 Oktober 2024

Jaga Alam dan Air Tombang, Muncul Ide Brilian Babinsa Sertu Habel Djahamouw

 



NTTALORNEWS.COM, ALOR - Untuk menjaga alam dan air yang merupakan program unggulan TNI yakni Gerakan Jaga Alam dan Air (Gejala), Babinsa Sertu Habel Djahamouw bersama Lurah Kalabahi Tengah melaksanakan pemantauan dan survei kondisi alam dan air, di Kali atau sungai Tombang, Senin (7/10/2024).


Pemantauan/survei dilakukan berkaitan dengan debit Air yang semakin berkurang saat memasuki musim kamarau di bulan Oktober ini.




Tujuan dilaksanakannya survei alam dan sumber air ini menurut Sertu Habel untuk merencanakan langkah-langkah mengatasi kekeringan kedepan.


Setelah melihat secara dekat kondisi alamnya dan juga kondisi sumber airnya, direncanakan akan dilakukan penanaman pohon pelindung sumber air seperti pohon beringin.


Selain beringin, akan ditanam juga pohon-pohon atau tanaman yang menghasilkan buah seperti Nangka, Sukun, jambu air, Mangga, Lengkeng, pisang, Jeruk nipis, Sawo, dan tanaman buah yang lainnya.




Manfaatnya selain hijaukan alam dan lindungi sumber air. Juga menghasilan buah-buahan untuk manusia dan juga hewan di hutan alam liar sana. Kedepannya masyarakat tidak kesulitan dapatkan buah atau makanan.


"Saya himbau setiap Kepala Keluarga siapkan 1 anakan beringin, dan tambahannya bisa anakan Sawo, Mangga, Jambu air, Nangka, Jeruk Nipis, Sukun, Lengkeng, dan pisang. Untuk setiap orang siapkan 2 hingga lebih anakan. Dari kita dan untuk kita", kata Babinsa Sertu Habel Djahamouw.


(Jb-tim).




Related Posts