Jumat, 18 Oktober 2024

Kodim 1604 Kupang Adakan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial

  


Nttalornews.com, Kupang*   – Kodim 1604/Kupang menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang, yang diikuti lebih dari 100 peserta. Acara ini menghadirkan sejumlah narasumber penting, termasuk Kolonel Teddy Arifiyanto dari Mabesad, Danramil 1604-01/Kota Mayor Inf Hendri Dunant, S.I.P, dan Kabankesbangpol Kota Kupang Noce Nus Loa, serta Kanit Pidum Reskrim Polres Kupang Kota Ipda Syahri Fajar Hamika, S.Tr.K.M.H, untuk memberikan pemaparan terkait pencegahan konflik sosial. Kamis (17/10/2024).


Kasdim 1604/Kupang Letkol Czi Sunardi, yang hadir mewakili Dandim, menekankan pentingnya menjaga kondusivitas Kupang di tahun politik ini. "Ini adalah tahun politik, dan kita harus bersama menjaga stabilitas di Kota Kupang. Kalau bukan kita, siapa lagi?" ujar Sunardi, mengajak masyarakat menjaga persatuan dan menghindari konflik.


Kolonel Teddy Arifiyanto, Ketua Tim Binkom Cegah Konflik Sosial Siintelad Mabesad, menyampaikan bahwa potensi konflik sosial di Indonesia tetap tinggi. "Meski pemerintah cepat mengatasi konflik, kita harus tetap waspada karena potensi konflik sosial dapat muncul kapan saja," katanya. Ia menekankan pentingnya kolaborasi pemerintah dengan masyarakat dalam upaya pencegahan.


Pada kesempatan ini, para narasumber juga membahas tentang Wawasan Nusantara, Kesadaran Bela Negara dan persiapan Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024. Mereka menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan stakeholder untuk mencapai Pilkada yang berkualitas dan bebas konflik.


Kegiatan diakhiri dengan tanya jawab antara narasumber dan peserta, membahas langkah konkret dalam mencegah konflik sosial, memperkuat solidaritas antar komponen masyarakat demi menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kupang. *(Pendim1604)*.

Related Posts