Minggu, 13 Oktober 2024

Peduli Alam Pantai, Kodim 1622/Alor Tanam Mangrove di Kelurahan Welai Timur



NTTALORNEWS.COM, ALOR - Untuk menyelamatkan dan menjaga kondisi alam Pantai tetap hijau dan asri serta untuk memulihkan ekosistem pesisir pantai yang semakin terancam akibat perubahan iklim dan kerusakan lingkungan yang terjadi, dan  sesuai dengan program TNI AD Bersatu Dengan Alam dimana Kodim 1622/Alor melaksanakan penanaman mangrove.


Penanaman ribuan bibit pohon mangrove tersebut melibatkan anggota Polres Alor, Brimob, Satpol PP, dan masyarakat, berlokasi di Pantai Aikoly, Kelurahan Welai Timur, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Sabtu (12/10/2024).


Dandim 1622/Alor Letkol Inf Amir Syarifudin, SH lewat sambungan selukernya kepada wartawan menyampaikan bahwa penanaman mangrove sebagai edukasi dan mengajak masyarakat untuk bersatu dan mencintai alam Pantai dengan cara menanam dan merawat alam agar tetap hijau dan asri.




Disampaikan juga bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari upaya pemulihan lingkungan serta konservasi yang dicanangkan oleh TNI AD seperti yang pernah di sampaikan oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjntak saat penanaman ribuan bibit mangrove di Kota Banda Aceh pada tanggal 12 Februari 2024 lalu.


Lanjut Dandim Letkol Inf Amir Syarifudin bahwa mangrove memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan ekosistem pesisir pantai, melindungi pantai dari abrasi, serta relevan dengan konsep pertahanan rakyat semesta dalam menjaga NKRI.


"Kami berharap khususnya para pemilik lahan di pesisir Pantai bisa terus kembangkan dengan menanam bibit mangrove di area-area yang rusak karena proses alam atau karena ombak laut dan juga dirusak oleh tangan manusia sendiri", harap Dandim.




(Jb-tim).

Related Posts