Rabu, 02 Oktober 2024

Presiden Jokowi Sebut Air Kunci Kemakmuran NTT, Sejalan Visi SIAGA

 



NTTALORNEWS.COM, NTT-KUPANG– Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kunci kemakmuran masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah air. Sejalan dengan visi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT nomor urut 3, Simon Petrus Kamlasi dan Adrianus Garu (SIAGA) yang memberi prioritas visi “SIAGA Air untuk NTT”.


Air merupakan barang yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Demikian tegas Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Rabu (2/10/2024) pagi. Bendungan ini dibangun sejak tahun 2017 lalu dan menelan angggaran Rp.2,7 triliun.


“Air merupakan barang yang sangat vital yang kita butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari, apalagi di NTT.  Air begitu sangat pentingnya, sangat vital. Karena dengan air kita bisa menanam padi, karena dengan air kita bisa menanam singkong, karena dengan air kita bisa menanam jagung. Utamanya sekali lagi di NTT, kunci kemakmuran NTT adalah air. Tanpa air jangan membayangkan Propinsi kita NTT akan makmur dan sejahtera,” papar Jokowi, dilansir sumbainews.


Presiden Jokowi menyebutkan, dalam 10 tahun terakhir di NTT telah terbangun empat bendungan besar, yakni Rotikiilot, Raknamo, Napun Gete dan Temef yang barusan diresmikannya.




Calon Gubernur NTT nomor urut 3, Simon Petrus Kamlasi menyatakan SIAGA siap mengoptimalkan semua potensi air permukaan, segera memanfaatkan empat bendungan yang sudah dibangun di era Jokowi untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan irigasi pertanian.


Membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan sistem irigasi pertanian di empat bendungan untuk melayani masyarakat di sekitar bendungan. Mengaplikasikan inovasi teknologi pompa hidram tenaga matahari yang sangat melimpah sehingga hemat biaya operasional.


“Kita siap membangun SPAM dan sistem irigasi di semua bendungan yang sudah dikerjakan Jokowi untuk melayani masyarakat,” ujar Simon Petrus Kamlasi via seluler, Rabu (2/10/2024).


Aksi SIAGA Air untuk NTT, kata Simon Petrus Kamlasi, menjadi prioritas dan sudah dikerjakan selama ini meskipun dalam skala kecil yang segera direplikasi menjadi lebih banyak dan luas menjangkau masyarakat terutama di sekitar bendungan.


Simon Petrus Kamlasi semasa aktif di TNI, sudah berbuat melalui program TNI Manunggal Air membangun 400 titik pompa hidram di seluruh NTT. Sebagai solusi menyediakan air bersih dan air irigasi pertanian.


Diketahui, NTT memiliki iklim tropis kering dengan musim kemarau yang panjang, sekitar 8 bulan per tahun. NTT memiliki sekitar 3 juta hektar lahan kering iklim kering. Lahan kering di NTT memiliki potensi yang lebih besar dibandingkan lahan sawah.


(TIM/RN)

Related Posts