Rabu, 16 Oktober 2024

Siap Kawal Program Kementan, Babinsa Kodim 1622/Alor Mendapat Pelatihan Dari BBPP Kupang

 


NTTALORNEWS.COM, ALOR - Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) NTT melaksanakan Pelatihan Manajemen Pendamping Pompanisasi bagi Tim Gugus Tugas/Pendamping Lapangan Angkatan X  Babinsa di wilayah Korem 161/Wira Sakti termasuk Kodim 1622/Alor, berlangsung di aula Makodim, Jln. El Tari, Kelurahan Mutiara, Kecamatan Teluk Mutiara, Kabupaten Alor, Rabu (16/10/2024).


Para Babinsa mendapat pelatihan dari pemateri dari BBPP Kupang, yakni Widyaswara Wajarwati, S.Pt.M.Pt bersama Pustakawan Grace Maryna Susanti Pelt, S.Si, PPNPN Ridwan Ulumando, S.Sos, dihadiri oleh Dandim 1622/Alor Letkol Inf Amir Syarifudin, SH, Danramil 1622-03/Maritaing Lettu Inf Umbu Neka Robinson, serta Babinsa jajaran Kodim 1622/Alor berjumlah 112 orang Babinsa.


Pelatihan ini menurut Wajarwati merupakan wujud komitmen Kementerian Pertanian atau Kementan untuk terus mendukung peningkatan produksi padi di berbagai wilayah dalam antisipasi darurat pangan.


Tambahnya, pelatihan manajemen pendampingan pompanisasi bertujuan meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta meningkatkan kualitas pengelolaan pendampingan program pompanisasi bagi tim satgas pangan khususnya teman-teman Babinsa.


"Hal ini merupakan wujud komitmen Kementan untuk terus mendukung peningkatan produksi padi di berbagai wilayah dalam antisipasi darurat pangan", kata Wajarwati.




Dandim 1622/Alor Letkol Inf Amir Syarifusin, SH mengawali arahannya mengatakan menyambut positif dan mendukung penuh program pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari kedepan.


Pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan rekan-rekan Babinsa menghadapi masyarakat dalam program pompanisasi yang bertujuan meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah.


Terutama dalam mendukung ketahanan pangan melalui pompanisasi, para Babinsa diharapkan akan lebih siap dan mampu dalam melaksanakan pendampingan pompanisasi secara efektif dan kreatif sehingga program pemerintah dalam rangka meningkatkan produksi pertanian melalui optimalisasi sumber daya air dapat berjalan dengan baik di wilayah Alor.


"Karna bakal nanti diminta laporan pompanisasi dari Sterad setiap harinya terkait dengan kegiatan pompanisasi dan optimasi lahan. Masing-masing melaporkan sesuai target capaian dan dilaporkan secara online. Rekan-rekan harus melaksanakan tugas ini dengan serius sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar", harap Dandim.


Para Babinsa dilapangan agar mengajak para petani diwilayah binaannya untuk memanfaatkan program pompanisasi yang disiapkan pemerintah. Juga dalam rangka memperkuat perekonomian desa menjadi lebih kuat dan produktif.


(Jb-tim).

Related Posts